6 Tips Jitu Mengatasi Bisnis yang mulai Menurun
Terlaris Minggu Ini
New Page 1

Hubungi Kami

 

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

Alamat:

Jl. Raya Jepara Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

KONSULTASI

Customer Service I
(Mh.Shodiq)

Telp/SMS :

089 680 708 282

081 328 131 411

Whatsapp :

089 680 708 282

Line :

089 680 708 282

BB Messenger : D4A6D2FA

Email : membukabatin@gmail.com

Customer Service II
(Mutia)

Telp/SMS :

089 668 981 114

085 784 305 056

Whatsapp :

089 668 981 114

Line :

089 668 981 114

BB Messenger : D42902C8

Email : membukabatin@gmail.com

JAM KERJA

 

Senin - Sabtu,

Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Diluar jam kerja hanya melayani SMS, BBM & Whatsapp

 

6 Tips Jitu Mengatasi Bisnis yang mulai Menurun

Artikel Penting » Karir & Bisnis » 6 Tips Jitu Mengatasi Bisnis yang mulai Menurun

Kehidupan ini memang penuh dengan suka cita, maupun duka cita. Wajar saja jika sedang merasakan suka cita, atau sebaliknya, karena dalam hidup memang penuh cobaan. Tidak selamanya manusia selalu hidup mewah, penuh suka cita, karena roda kehidupan itu berputar, orang yang sukses dalam berbisnis selalu hidup mewah, selalu tercapai keinginannya, suatu saat juga akan mengalami yang namanya hidup susah juga.

Memang ada istilah, kehidupan tidak selamanya diatas dan tidak selamanya dibawah. Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT memang adil. Tetapi saat Anda berada di bawah, apakah Anda  tidak ingin naik lagi dan bangkit lagi? atau mungkin Anda lebih suka berada di zona nyaman, yakni berada di tengah - tengah antara atas dan bawah?

Dalam sebuah usaha tentunya ada pasang surut, naik turunnya usaha, beberapa diantaranya adalah omset yang sudah mulai menurun, penjualan sepi, atau mungkin permasalahan lain. Hal tersebut yang sangat ditakuti oleh seorang pengusaha. Ketika usaha Anda sedang mengalami penurunan, apakah Anda akan diam saja dan membiarkan begitu saja? Tentunya Anda pasti ingin mengembalikan agar bisnis Anda kembali naik kan? Apakah ada solusi untuk permasalahan semacam ini?

Tentu saja selalu, setiap masalah pasti ada solusi untuk menyelesaikannya. Lalu bagaimana solusi dan cara agar bisa bangkit lagi untuk mengangkat keterpurukan di dalam berbisnis? Nah disini kami berikan tips dan trik agar bisnis Anda lancar kembali. Berikut tips dan trik yang bisa Anda lakukan:

1. Memaksimalkan Kinerja

Ketika omset menurun, pastinya Anda harus berpikir lebih keras bagaimana caranya agar bangkit kembali. Salah satu hal yang dilakukan tentunya adalah memaksimalkan kinerja Anda. Yang biasanya Anda selalu mengandalkan kerja karyawan, mungkin hal yang paling tepat ketika omset Anda menurun adalah Anda harus sering-sering turun tangan langsung ke lapangan, untuk memantau langsung atau berkomunikasi dengan konsumen. Mungkin dengan hal tersebut Anda akan mengetahui apa permasalahan utama yang membuat omset dalam bisnis Anda menurun. Setelah mengetahui penyebab utama, Anda bisa mencari solusi yang tebaik untuk membuat omset Anda kembali naik seperti awal mula.

2. Menjual Aset yang tidak terlalu Dibutuhkan

Aset adalah sumber ekonomi yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi usaha. Aset bisa berupa benda, tanah, gedung, kendaraan, benda seni dan lain-lain. Ketika sudah mengalami penurunan dalam bisnis utama, salah satu cara untuk memulihkannya adalah dengan menjual aset yang bukan utama sebagai sumber ekonomi.

Anda bisa menjual aset yang kesehariannya tidak digunakan dan dapat memberikan nilai tinggi bagi Anda jika di jual. Itulah salah satu alasan mengapa saat bisnis sedang diatas, Anda membeli banyak asset, karena pada saat bisnis menurun, bisa sebagai penolong bagi Anda untuk mengembalikan bisnis Anda kembali naik.

3. Membangun Sebuah Bisnis Sampingan

Saat bisnis utama mengalami penurunan omset, mungkin memang Anda harus menjalani bisnis sampingan lain. Tujuannya tentu adalah untuk mendapatkan keuntungan dan bisa memulihkan bisnis utama. Atau mungkin bisa-bisa, bisnis yang merupakan sampingan dapat menjadi bisnis utama dan Anda bisa berkonsentrasi lebih untuk itu.

Sebenarnya bisnis sampingan seperti hal yang sangat penting, bukan untuk seorang pebisnis yang sedang mengalami masalah saja. Namun juga penting bagi Anda yang memiliki bisnis masih maju atau Anda seorang pekerja.

4. Cari mitra atau Networking yang dapat Membantu

Salah satu cara untuk membangkitkan bisnis Anda yang sudah menurun adalah mencari mitra maupun networking. Jangan gegabah untuk mencari orang jauh, karena mungkin relasi dekat Anda berminat untuk membantu. Seorang mitra bisa merupakan saudara maupun teman-teman bisnis yang lainnya.

Dalam hal ini Anda bisa melakukan kerjasama dengan mereka yang tidak saling merugikan, supaya bisnis bisa berjalan kembali ketika ada bantuan dari luar. Karena suatu usaha tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan begitu, bisnis Anda bisa kembali lagi seperi sedia kala.

5. Cari tahu apa Penyebab Bisnis Menurun

Dalam berbisnis, tentunya Anda harus mencari tahu apa penyebab bisnis menurun ataupun naik. Karena dengan mengetahui itu, bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam berbisnis. Ketika bisnis Anda sedang menurun, Anda sudah mengetahui dan merencanakan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda kembali naik. Jika Anda tidak mencari tahu penyebabnya, maka usaha Anda akan mengalami kebangkrutan.

6. Menambah Sarana Promosi

Promosi dalam suatu bisnis memang sangat penting dan dibutuhkan, karena untuk mengenalkan suatu produk perlu dilakukan promosi, agar masyarakat mengetahui produk Anda. Namun, untuk melakukan promosi, Anda harus pandai - pandai menarik perhatian dan minat masyarakat, agar mereka bisa memilih dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Peningkatan promosi penting dilakukan meski terkadang harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun satu hal bahwa promosi harus dilakukan secara efektif dan efisien. Sebagai contoh, Anda bisa memulai langkah promosi melalui sosial media via online karena mungkin cara konvensional sudah dianggap ketinggalan jaman.

Itulah 6 tips yang bisa Anda lakukan ketika bisnis Anda sedang mengalami penurunan. Selain melakukan tips tersebut, Anda bisa menemukan solusi nya DISINI

Terkait : Cara Rahasia Memulai Usaha Bagi Wanita Menurut Pakar Bisnis

Baca juga:

Terkait :

Lihat artikel selengkapnya DISINI

 

CUSTOMER SERVICE

Customer Service I (Mh.Shodiq)

Telp / SMS:

089 680 708 282 / 081 328 131 411

WA / Line :

089 680 708 282

BB Mesengger

D4A6D2FA

Customer Service II (Mutia)

Telp / SMS:

089 668 981 114 / 085 784 305 056

WA / Line :

089 668 981 114

BB Mesengger

D42902C8