10 Hikmah yang Bisa Dipetik Saat Bulan Puasa Ramadan
Terlaris Minggu Ini
gelang-bertuah[2].jpg

Gelang Bertuah Pengasihan

Harga:Rp 1.500.000,-
New Page 1

Hubungi Kami

 

Pesantren Online

Alfalah Darussalam

Akta Notaris No 35 Tgl 14 Oktober 2008, Ijin Operasional No. KD.11.20/5.A/PP.00/2515/08

Alamat:

Jl. Raya Jepara Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

 

KONSULTASI

Customer Service I
(Mh.Shodiq)

Telp/SMS :

089 680 708 282

081 328 131 411

Whatsapp :

089 680 708 282

Line :

089 680 708 282

BB Messenger : D4A6D2FA

Email : membukabatin@gmail.com

Customer Service II
(Mutia)

Telp/SMS :

089 668 981 114

085 784 305 056

Whatsapp :

089 668 981 114

Line :

089 668 981 114

BB Messenger : D42902C8

Email : membukabatin@gmail.com

JAM KERJA

 

Senin - Sabtu,

Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

Diluar jam kerja hanya melayani SMS, BBM & Whatsapp

 

10 Hikmah yang Bisa Dipetik Saat Bulan Puasa Ramadan

Artikel Penting » Pengasihan, Dll » 10 Hikmah yang Bisa Dipetik Saat Bulan Puasa Ramadan

hikmah puasa sunnah, hikmah puasa sunnah arafah, hikmah puasa wajib dan sunnah, puasa ramadhan hukumnya, tujuan puasa, makna spiritual puasa, hikmah puasa bagi kesehatan, hikmah puasa senin kamisSeperti yang kita ketahui bahwa bulan suci ramadan memiliki keistimewaan tersendiri daripada bulan-bulan yang lain. Mengingat, ibadah puasa Ramadan memiliki banyak keutamaan tersendiri dan tersimpan hikmah di dalamnya.

Diantara keutamaan tersebut sebagian besar hikmah/manfaat/fadhilahnya merupakan untuk diri kita sendiri. Hikmah berpuasa yang kita dapatkan ini tentunya berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita jalani.

Tentu amalan utama pada puasa Ramadan bukanlah hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menjalankan amalan-amalan sholeh lainnya seperti bersedekah, itikaf, memepererat tali silaturahmi, menghindari diri dari yang haram dan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan demikian, agar lebih termotivasi dalam menyempurnakan puasa pada tahun 2016 yang kita jalani ini, kami berikan kepada Anda beberapa hikmah melaksanakan ibadah puasa Ramadan yang dikutip dari berbagai sumber, antara lain ;

Melatih Untuk Bersyukur kepada Allah SWT
Kita semua tahu bahwa dengan bersyukur maka nikmat yang kita dapat akan semakin berlipat. Saat bulan puasa dengan memakan makanan yang hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensyukuri nikmat yang kita miliki saat tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat Allah SWT. Mudah-mudahan kita termasuk golongan orang-orang yang bersyukur. Amin.

Lebih Peduli Pada Sesama
Dalam Islam ada persaudaraan atau ikatan batin sesama muslim lainnya. Akan tampak jelas apabila berada di bulan Ramadan, Orang memberikan takjil buka puasa gratis. Sholat jamaah bersama di masjid, memberi pengetahuan ilmu tentang islam atau diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid dekat rumah Anda.

Melatih Disiplin Waktu
Hikmah yang bisa dipetik saat bulan puasa Ramadan adalah dapat melatij kita untuk lebih disiplin waktu. Dalam menjalankan ibadah puasa yang berkualitas tentu harus tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya berpuasa. Bangun untuk makan sahur di pagi hari juga melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki yang berupa makanan sebagai penyambung kehidupan.

Mempererat Silaturahmi
Keutamaan bulan puasa yang bisa diambil adalah bisa mempererat tali silaturrahmi. Sama halnya dengan lebih peduli terhadap sesama, khususnya sesama muslim. Apabila kita diberikan rezeki yang lebih dari Allah SWT jangan sampai tidak kita pergunakan dengan sebaiknya memberikan makanan buka kepada yang tidak mampu atau kepada anak-anak yatim di sekitar kita.

Keseimbangan dalam Hidup tetap terjaga
Pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun sayang hanya karena hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu dan lain sebagainya kita sering melupakan kewajiban kita. Pada bulan puasa ini, mari kita terlatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan.

Jika pada bulan-bulan sebelumnya kita sering melalaikan sholat, tingkatkan sholat kita 5 waktu secara berjamaah dan kontinyu. Contoh lagi kalo dulu Anda tidak pernah baca Al-Qur’an karena kesibukan dll, maka bulan puasa ini tadarus Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas kita sebagai hamba yang benar-benar menyembah dan berserah diri padaNya.

Mengetahui Bahwa Ibadah Memiliki Tujuan Jelas
Tujuan puasa adalah melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadan. Kalau tujuan tercapai maka puasa bisa berhasil dengan baik. Namun, apabila tujuannya gagal, maka puasa tidak ada arti apa-apa hanya mendapat haus dan lapar saja. Jadi kita harus terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala macam amal ibadah yang kita lakukan.

Tiap Kegiatan Mulia Merupakan Ibadah
Setiap langkah kaki menuju masjid adalah ibadah dan dihitung pahala, menolong orang adalah ibadah, berbuat adil pada manusia juga merupakan ibadah, tersenyum pada saudara adalah ibadah, membuang duri di jalan itu juga ibadah, sampai tidurnya orang puasapun dianggap ibadah, sehingga segala sesuatu yang baik-baik pada bulan suci ini dapat dijadikan sebagai amal ibadah. Ini artinya semua dapat bernilai ibadah sehingga kita terbiasa hidup dalam ibadah.

Lebih Berhati-hati Dalam Berbuat
Saat puasa Ramadan akan terasa sempurna dan tidak sia-sia apabila selain menahan lapar dan haus juga kita menghindari hal-hal seperti menjaga pandangan mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Latihan ini menimbulkan kemajuan positif bagi kita jika diluar bulan Ramadan kita juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa seperti ngrasani (gosip), bergunjing, berkata kotor, berbohong, memandang yang dapat menimbulkan dosa, dan lain-lain yang harus kita tinggalkan.

Melatih Hidup Sederhana
Salah satu hikmah yang bisa kita petik di bulan puasa adalah melatih hidup sederhan. Disini bisa kita rasakan ketika waktu berbuka puasa tiba, saat minum dan makan sedikit saja kita telah merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya merupakan hawa nafsu saja yang ada dalam diri kita.

Berlatih Lebih Tabah dan Ikhlas
Dalam Puasa di bulan Ramadan kita dibiasakan menahan yang tidak baik dilakukan. Misalnya marah-marah, berburuk sangka, dan dianjurkan sifat Sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita. Misalkan ada orang yang menggunjingkan kita, atau mungkin meruncing pada Fitnah, tetapi kita tetap Sabar karena kita dalam keadaan Puasa.

Nah, itulah 10 hikmah yang bisa dipetik saat bulan puasa. Maka jangan sampai bulan puasa ini kita lewatkan dengan begitu saja tanpa adanya tambahan amal ibadah sholeh yang kita lakukan untuk menjadikan diri kita hamba yang benar-benar mengabdi KepadaNya. Semoga kita bisa menikmati bulan suci Ramadan di tahun 2016 ini dengan penuh syukur dan ikhlas.

Apabila Anda ingin menjalankan puasa lebih Khusyu' dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta, Silahkan Kunjungi DISINI

CUSTOMER SERVICE

Customer Service I (Mh.Shodiq)

Telp / SMS:

089 680 708 282 / 081 328 131 411

WA / Line :

089 680 708 282

BB Mesengger

D4A6D2FA

Customer Service II (Mutia)

Telp / SMS:

089 668 981 114 / 085 784 305 056

WA / Line :

089 668 981 114

BB Mesengger

D42902C8